Jumat, 23 November 2012

Pohon Kendal / Cordia Bantamensis

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM....

Cordia Bantamensis adalah nama latin untuk tanaman Kendal.
Kendal juga merupakan nama sebuah kabupaten di Jawa Tengah, dimana juga merupakan tempat saya berasal, inilah alasan saya mengambil nama latin ini sebagai "identitas baru" untuk menyalurkan ekspresi, hobi, kreatifitas, dan obsesi saya. Hope be blessing by this name. Amien.......


Saya sendiri sebelumnya tidak mengetahui jenis dan juga nama pohan ini. Dari acara googling  di salah satu website disebutkan tentang tanaman ini, dan nama latinnya cukup bagus bukan? :)

Akan saya coba jelaskan mengenai pohon Kendal ini berdasarkan artikel yang saya baca.

Diskripsi: Pohon Kendal atau Cordia Bantamensis adalah tanaman semak dengan daun berseling berbentuk lonjong hingga bulat telur dan berwarna hijau. Ujung daun dan batang daun meruncing atau lancip hingga membulat dengan tepi agak berombak.

Bunga Kendal berupa bunga majemuk yang terdapat di ketiak daun. Warna bunga mulai putih kekuningan hingga hijau. Buahnya berbentuk bulat telur berwarna putih kekuningan hingga orange dan menjadi merah muda ketika matang. Buahnya berukuran kecil dengan panjang sekitar 0,5 - 1,5 cm.

Pohon kendal tumbuh tersebar hampir keseluruh wilayah Indonesia hanya saja penyebutan namanya yang berbeda-beda seperti Kendal (Jawa dan Bali), Kendhal (Madura), teo-teo.Nunang (Melayu),Nunang (Sumatra Barat), Kai nunak (Rote), Tatasinunang (Timor), Toteoloo (Halmahera), Lantoro (Gorontalo), dan Cena (Bugis).

Selain di Indonesia pohan Kendal jugadapat ditemukan mulai dari India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara, Australia hinggaKaledonia baru. Kendal tumbuh di bukit-bukit pantai, di pinggir hutan bakau, juga di hutan terbuka, belukar dan savana. pohon ini dapat tumbuh mencapai 500 m dpl bahkan jika dibudidayakan bisa mencapai 1500 m dpl, sebagai pohon tepi jalan.

Khasiat & manfaat: di Indonesia hampir semua bagian pohon Kendal digunakan untuk obat. Kulit batang, daun dan buah Kendal mengandung saponim, disamping itu kulit batang dan daunnya juga mengandung flavonoida dan tanin, sedang buahnya mengandung polifenol.

Rebusan kulitnya dapat digunakan sebagai obat diare, demam disentri, sakit kepala, sakit perut dan sebagai tonik. Juga berguna setelah proses kelahiran. Kulitnya dalam kondisi lembab dipakai sebagai obat luar bisul, bengkak-bengkak dan tumor. kulitnya jika di usapkan ke gigi bisa memperkuat gigi.

Tumbukan daun kendal dipakai sebagai kompres untuk meringankan migren, inflamasi dan bengkak-bengkak. Buahnya yang berlendir bermanfaat untuk mengobati batuk, sesak nafas, sakit rahim dan uretra. Bijinya jika dilumatkan dan dicampur dengan minyak berkhasiat mengobati kadas.

Selain sebagai obat, daunnya sering dimanfaatkan untuk membungkus ikan sebelum dimasak, bahkan di Myanmar daun Kendal digunakan sebagai pembungkus cerutu. Buahnya juga dapat dimakan langsung. Selain itu juga bisa sebagai pakan ternak berkualitas tinggi sepanjang tahun.

Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan           : Plantae
Filum                 : Tracheophyta
Kelas                 :Magnoliopsida
Ordo                  : Lamiales
Family                : Boroginacheae
Genus                 : Cordia
Sinonim              : Cordia obliqua, Cordia myxa, Cordia bantamensis, Cordia dichotoma
Nama Indonesia : Kendal

Pohon Kendal ini ditetapkan sebagai flora identitas kabupaten Kendal itu sendiri, apakah ada hubungannya atau tidak saya sendiri kurang tahu. Bisa jadi nama kota Kendal berasal dari nama pohon ini.

Demikian sedikit yang bisa saya ulas tentang pohon Kendal. Sebagai orang Kendal saya malah mengetahui ini dari orang luar Kendal. must be embrassed...

See you next posting :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar